Bulan: Agustus 2017

Pohon di Depan Masjid Manado Sulawesi Utara

Pohon di Depan Masjid Manado Sulawesi Utara

Pohon di Depan Masjid Manado Sulawesi Utara

Kepercayaan merupakan keyakinan kepada Tuhan yang Maha Esa di luar agama dan tidak termasuk ke dalam agama. Yang kemudian muncul beberapa aliran kepercayaan. Keberadaanya saat di depan Kontraktor Kubah Masjid Aliran-aliran kebatinan dan kepercayaan ini banyak sekali jumlahnya di Indonesia. Tidak hanya di pulau Jawa saja, di pulau Sumatra dan Sulawesi juga ada. Namun, semua aliran belum tercatat secara resmi. Karena di Negara kita ini ada beberapa agama resmi dan banyak aliran kebatinan dan kepercayaan. Salah satu aliran kepercayaan dan kebatinan di Indonesia adalah Buda Wisnu. Aliran kepercayaan ini awalnya bernama Buda Jawa kemudian berubah menjadi Buda Wisnu, ada juga yang menyebut Panti Agama Budha atau Budha Cahaya. Sehingga pada goresan tinta ini kami akan membahas tentang aliran kebatinan dan kepercayaan Buda Wisnu.

Aliran kepercayaan ini semula bernama Buda Jawa, kemudian berubah menjadi Buda Wisnu. Aliran kepercayaan ini juga ada Kontraktor Kubah Masjid yang menyebut Panti Agama Budha atau Budha Cahaya. Pemimpinnya atau penciptanya bernama Kusumodewo, kantornya di kota Malang, Jalan Betek Gg. 1/4 , tempat tinggal semula di Mojosari, Pare, Ngawi. Aliran kepercayaan ini mulai berdiri pada tanggal 25 November 1925 bersamaan dengan tanggal 11 Palguna (Jumadilawal) tahun 1856 Saka, demikian menurut selebaranya yang diumumkan pada tanggal 26 Mei 1950. Daerah Pengaruh aliran kebatinan dan kepercayaan Buda Wisnu yakni Malang, Lumajang, Banyuwangi, Surabaya, Bojonegoro dan Surakarta (Karanganyar). Kontraktor Kubah Masjid Pengikutnya juga tidak begitu banyak, dalam tiap-tiap tempat tidak sampai berjumlah 100 orang, sedangkan jumlah seluruhnya kira-kira 1500 orang.

Asas dan tujuanya ialah menyembah kepada Gusti Ingkang Murba Wasesa (Tuhan Yang Mahakuasa), Gusti Ulun Bathara Wisnu, dengan cara mengikuti agama dan kebudayaan asli zaman Majapahit, bertujuan mengembalikan kebudayaan, sebelum agama penjajah datang dari Arab dan Eropa, yaitu Islam dan Kristen. Agama Buda Jawi ini mempunyai bendera (symbol) sendiri yaitu umbul-umbul (bendera panjang ke bawah), warnanya hitam, merah klaras (daun pisang yang sudah kering dan berwarna agak coklat), kuning dan putih. Tiap-tiap pemimpinya (pemimpin pusat, kabupaten, daerah dan sebagainnya), mempunyai macam (bentuk) pakaian dinas sendiri, jelasnya dapat memeriksa lampiran. Karena kegunaannya adalah untuk berada di Kontraktor Kubah Masjid. read more

Pergi ke Bank dari Masjid di Manado Provinsi Sulawesi Utara

Pergi ke Bank dari Masjid di Manado Provinsi Sulawesi Utara

Pergi ke Bank dari Masjid di Manado Provinsi Sulawesi Utara

Langkah ku semakin lelah berjalan menyusuri mondar mandir di keramaian kota entah tahu kenapa kurang syaratnya. Lagu lama dalam sebuah perfilmean di Indonesia ini terus menggelayuti di alam fikiran ku sepanjang aku merenungkan nasibku di dalam Kontraktor Kubah Masjid yang sudah tidak ada yang mungkin tahu sebuah mimpi yang seharusnya bisa saja terwujud dengan sebuah usaha yang sangat keras sekali. Pada waktu itu memang aku baru saja menyelesaikan sekolah ku di sekolah menengah atas yang menjadikan aku sekarangn bingung adalah akankan melanjutkan ke sarjana satu atau memulai dengan bekerja terlebih dahulu baru nanti kuliah lagi. Sebuah empati mendalamkan sebuah angan yang tidak akan mungkin bisa terwujud sama sekali sebuah tema harus bisa menjadikan sebuah langkah yang terbaik untuk sebuah karya yang tidak pernah sama sekali untuk menjadikannya sebuah mimpi yang tidak pernah bisa berarti sama sekali.

Kita hanya akan bisa menjadikan diri kita sebuah langkah yang tidak akan mungkin bisa menjadikan sebuah angan angan saja. di Kontraktor Kubah Masjid itu menjelang perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia makanya keadaan Kontraktor Kubah Masjid tidak seramai biasanya. Sekarang sudah banyak yang berkumpul untuk mengagendakan ikut merayakan hari ulang tahun Indonesia itulah. Maka seharusnya tidak akan mungkin bisa terjadi jika semuanya sudah menjadi takdir bagi semuanya yang aka nada dalam sebuah mimpi mimpi anak muda seperti aku. Tampaknya mereka sudah mulai berkumpul, dan aku harus ikut juga dalam kelompok itu, karena sebenarnya renunganku di dalam Kontraktor Kubah Masjid itu tadi adalah karena menunggu teman teman yang katanya dalam undangan datang jam 10 pagi tapi nyatanya sudah hampir jam sebelas baru semuanya lengkap. Ya terpakasa aku manfaatkan dengan renungan renungan dalam fikiranku.

Apalagi momen ini juga membuat aku kebingungan untuk menentukan arah hidupku, karena dalam batinku selama di Kontraktor Kubah Masjid tadi itu mengatakan ada dua dalam pilihan pilihan yang ada di fikiranku. Antara melanjutkan kuliah atau kerja dulu untuk menopang biaya hidupku nanti selama masa kuliah,. Tapi kalau kerja dulu aku bisa ketinggalan dengan teman temanku yang memang sudah banyak memilih untuk kuliah. Tapi kalau kuliah aku belum memiliki uang sepeserpun untuk biaya nantinya, sekarang kalau meminta kepada orang tua tampaknya kurang etis bagiku. Atau mungkin aku meninggalkan kota Manado di mana aku dilahirkan dan merantau ke jawa saja untuk meraih hasil yang terbaik. Tapi apakah orang tuaku akan merestuanya nanti mengingat akulah anak satu satunya. Jadilah sebuah renungan renungan itu di dalam Kontraktor Kubah Masjid tadi hingga aku sudah berkumpul dengan kelompok yang akan mempersiapkan hari kemerdekaan ini. read more

Dokumen Apa Saja yang Diperlukan untuk Ke Luar Negeri?

Banyak orang menganggap dengan bepergian ke luar negeri tentu menjadi pengalaman yang menarik dalam hidupnya terutama bila baru pertama kali melakuka perjalanan ke luar negeri. Namun, untuk menuju ke negara yang akan dituju, tidak sedikit pula yang masih bingung, ragu-ragu, dan juga ada ketakutan ketika melakukan persiapan keberangkatannya.

Dengan bepergian ke luar negeri pada dasarnya tidak jauh beda dengan bepergian ke dalam negeri. Hanya yang membedakan adalah proses di imigrasi dan bea cukainya saja. Untuk itu diperlukan persyaratan mengenai dokumen dan aturan-aturan ketika akan memasuki suatu negara yang menjadi banyak keraguan serta ketakutan bagi sebagian orang untuk pertama kalinya. Dan belum juga untuk masalah ketentuan dari visa yang berbeda antara negara yang satu dengan negara lainnya. Dan masalah pengurusan visa ini yang sering membuat kerepotan dan keenggan tersendiri bagi yang ingin merencanakan ke luar negeri.

Nah, bila ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, dan juga merupakan pengalaman pertama, maka salah satu tips yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan dokumen-dokumen yang digunakan sebagai syarat untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Apa saja dokumen-dokumen yang diperlukan untuk diterjemahkan oleh jasa penerjemah bahasa inggris ke luar negeri? Simak ulasan berikut.

  1. Passport

Pasport tentunya wajib untuk dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia bila ingin ke luar negeri. Masa berlaku pasport ini 5 tahun dari tanggal terbit. Pasport yang digunakan untuk ke luar negeri adalah yang masih menyisakan masa berlaku minimal 6 bulan dihitung sejak tanggal keberangkatan hingga tanggal berakhirnya passport. Untuk menghitungnya, anda bisa melakukan cara dengan mengurangi masa berlaku yang tertera pada pasport dengan tanggal keberangkatan anda. Masa berlaku ini tentu harus sesuai dengan masa tinggal di negara tujuan dalam waktu yang lama. Misalnya, keperluan anda ke luar negeri untuk bekerja atau studi.

  1. Visa

Visa merupakan dokumen yang diterbitkan oleh suatu negara melalui perwakilannya yang ditempelkan di passport anda. Untuk Australia kini sudah tidak memerlukan visa lagi sehingga jika anda ingin berkunjung ke sana cukup membawa surat dari kedutaan untuk ditunjukkan kepada pihak imigrasi. Ada dua macam visa yang bisa anda gunakan yaitu, visa reguler dan visa on arrival. read more

5 Mitos dan Fakta Tentang Daging Kambing

mitos daging kambing

5 Mitos dan Fakta Tentang Daging Kambing–Begitu banyak mitos mitos yang beredar di masyarakat tentang daging kambing. Padahal ternyata faktanya tidaklah benar. Nah agar kita juga tidak salah kaprah ada baiknya kita baca mitos dan fakta sebenarnya tentang daging kambing berikut.

mitos daging kambing
mitos daging kambing

5 Mitos dan Fakta Tentang Daging Kambing

Pertama adalah mitos tentang daging kambing dapat meningkatkan libido, terutama pada bagian torpedonya. Padahal ini tidaklah nyambung, sebab hormon yang berpengaruh terhadap libido adalah hormon testosteron. Pada daging tidak hanya daging kambing tidak mengandung zat yang mampu meningkatkan hormon testosteron tubuh secara cepat. Namun karena mungkin kandungan proteinnya yang cukup tinggi, jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu bisa saja berpengaruh terhadap pembentukan testosteron, sehingga meningkatkan libido.

Kedua, Larangan mengkonsumsi daging kambing bersamaan dengan buah durian. Mitos yang beredar di masyarakat bahwa mengkonsumsi daging kambing bersamaan dengan menyantap buah durian sangat berbahaya, sebab bisa menimbulkan penyempitan pembuluh darah atau jantung koroner. Hal ini benar adanya jika dikonsumsi orang yang memang sudah memiliki riwayat atau sedang menderita hipertensi, namun untuk orang yang sehat tidak akam menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan.

Ketiga, Bagi penderita tekanan darah tinggi tidak boleh mengonsumsi daging kambing. Faktanya ternyata belum ada penelitian ilmiah satupun yang menyatakan bahwa daging kambing dapat memicu tekanan darah tinggi. Kalaupun ada benarnya, yang sangat mungkin adalah karena pengaruh mengonsumsi protein (berlaku untuk semua jenis daging) yang terlalu banyak. Apalagi saat mengolah daging kambing dengan santan seperti resep tongseng kambing, kandungan protein tinggi ditambah dengan lemak yang ditibulkan dari santan, tentu sangat tidak baik untuk orang yang sedang menderita hipertensi.

Keempat, Daging kambing lebih sehat dibandingkan daging sapi. Hal ini tidaklah benar sebab pada daging kambing lebih banyak mengandung asam lemak tak jenuh daripada daging sapi. Lemak tak jenuh ini lebih bermanfaat untuk kesehatan daripada lemak jenuh. Kandungan lemak jenuh (yang cenderung meningkatkan kolesterol darah) daging kambing 8,5 kali lebih rendah daripada daging sapi. read more

IELTS Reading Tips: Strategi dan Tip agar Membantu Anda Sukses

IELTS Tips – Pikirkan apabila, di malam musim dingin yang sangat dingin, pada saat itu anda duduk di depan perapian dengan segelas coklat hangat di tangan yang satu, dan buku yang cukup besar di tangan yang lain. Belajar dalam suasana romantis ini menyenangkan . Sekarang bayangkan ini, ruang ujian yang dingin, Anda berkeringat karena saraf dan ketakutan, teks yang ingin Anda baca tidak masuk akal dan kata-katanya tampak campur aduk. Membaca dalam situasi yang menegangkan ini tak tertahankan dan tidak memadai. Jangan takut, ini tidak harus terjadi pada Anda. Terdapat beberapa cara agar dapat menemukan cara yang lebih baik dari contoh tersebut. Yang harus anda lakukan ialah dengan mempersiapkan diri anda dan ikuti enam strategi di bawah ini.

Strategi IELTS Reading 1

Bersikaplah dengan tegas jangan terlalu menghayal atau mengada ada. Mungkin Anda memahami setiap kata yang Anda baca sama tidak realistisnya seperti pada saat Anda bertemu dengan pasangan impian Anda, menjatuhkan diri ke lantai dan menyatakan cinta abadi mereka untuk Anda. Teks IELTS berlimpah akan kosa kata yang cukup spesial. Jangan takut melewatkan kata yang sulit, asalkan Anda mendapatkan keseluruhan arti itulah yang penting. Anda dapat latihan mencoba menebak arti kata-kata yang tidak dikenal dengan melihat keseluruhan konteks teks dan kalimat serta bentuk kata – misalnya apakah itu kata kerja atau kata benda?

Tips: Buat daftar kosa kata

Belilah buku kecil dari pedagang dengan harga $ 2 dan beri nama ‘The vocabulary book’. Selau bawa setiap kali Anda membaca. Tuliskan kata-kata yang tidak Anda mengerti dan lihat artinya nanti.

Strategi IELTS Reading 2

Nah yang ini akan membuat anda terkejut… tapi tetaplah anda membaca Ya, membaca lah pada saat waktu senggang anda, pilihlah berbagai macam bacaan yang berbeda – beda, seperti National Geographic, the New Scientist, the Economist, berita online, cerita pendek, dll … Dan tidak terlewatkan mengajak teman baru anda ‘The vocabulary book’! read more

Budidaya Lidah Buaya, Ragam Manfaat dan Peluang Usaha

Budidaya Lidah Buaya – Dahulu orang berasumsi lidah buaya jadi tanaman pengisi halaman saja. Tumbuhnya juga dilewatkan liar di belakang tempat tinggal. Tetapi saat ini mulai dihitung sehabis penduduk ketahui macam faedahnya.

Pemerintah Kota Magelang menangkap kesempatan ini dengan membuat, Pelatihan Budidaya Lidah Buaya. Pemkot mengadakan kursus ini di Kebun Bibit Hortikultura, Kota Magelang, Senin-Kamis (21-24/03). Ada 90 peserta yang datang dari perwakilan tiga kecamatan ikuti kursus ini.

Salah seseorang Kader Laga Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Magelang dari DPRa Cacaban, Fandi Yudho Rahmanto yang ikuti kursus ini menjelaskan, budidaya lidah buaya efisien sekali. Tanaman ini dapat berumur sampai 12 th., banyak manfaat, bermacam macam hidangannya serta banyak di cari orang.

“Peluang terbuka, karna di Magelang ini masih tetap tidak sering yang membudidayakannya, ” terang Fandi.

Pelatihan kelanjutan berjalan di Bogor, Senin-Kamis (28-31/03). Peserta di ajak menengok segera keberhasilan usaha budi daya lidah buaya. Setelah itu mereka yang ikuti kursus kelanjutan ini, jadi penyuluh ke petani di wilayahnya semasing.

Peserta kursus bakal memberi tuntunan pada yang minat untuk membudidayakan lidah buaya.

Melihat prospeknya, Fandi juga semangat untuk membudidayakan tanaman lidah buaya dari pada mencari lowongan kerja di Magelang dan hanya sekedar menjadi karyawan. “Ternyata tdk cuma untuk shampoo, namun juga untuk usaha kuliner, seperti cendol serta es cream serta obat herbal, ” jelas Fandi.

Beberapa daerah yang telah maju dalam Budidaya ini, di Kulonprogo, DIY, serta Bogor.

Disamping itu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, serta Perikanan (Dispeterikan) Kota Magelang, Sri Retno Murtiningsih, seperti kami kutip dari Kompas menuturkan, jadi langkah awal, pihaknya membuat kursus budidaya lidah buaya pada warga.

” Th. 2015, kami telah lakukan sosialisasi ke penduduk. Responnya begitu positif serta saat ini mereka di ajak untuk ikuti kursus. Materi dari bermacam kegunaan lidah buaya, langkah menanam, prospek usaha, sampai langkah memasarkannya, ” terang dia. read more